JANGAN TAKUT GAGAL (karena sukses ada setelah kegagalan)

Minggu, 11 November 2012

"Keharmonisan Antar Umat Beragama"

     INDONESIA,  sebuah negara yang kaya akan suku, ras,  agama, dan budaya. Itu sebabnya, Indonesia bisa dikatakan sebuah negara yang kaya akan budayanya, apalagi di Indonesia terdiri dari beberapa macam agama.

Islam
mesjid (tempat ibadah agama islam)





Kristen
gereja (tempat ibadah agama kristen)


Hindu
pura (tempat ibadah agama hindu)
Budha
wihara (tempat ibadah agama budha)
Konghucu
klenteng (tempat ibadah agama konghucu)

     Disini saya akan mencoba membahas mengenai keharmonisan/kerukunan antar umat beragama. Keharmonisan umat beragama adalah suatu bentuk sosialisasi damai dan tercipta berkat adanya toleransi agama. Toleransi  agama adalah sikap saling menghargai tanpa melakukan diskriminasi dalam hal apapun, terutama dalam hal agama.

    Namun, di Indonesia mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Dan Indonesia jugalah, jumlah penduduk terbanyak yang memeluk agama Islam. Namun hal ini bukanlah menjadi penghalang untuk tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan dengan sesama umat beragama.
 
   Menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama sangatlah penting dilakukan agar tidak terjadi perpecahan di dalam masyarakat. Perbedaan bukanlah penghalang untuk saling berinteraksi antar masyarakat di Indonesia. Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi antar sesamanya, jadi perbedaan bukanlah penghalang.
keharmonisan antar umat beragama
     Saat ini banyak kasus munculnya berbagai aliran di masing-masing agama yang memicu adanya pertikaian antar umat beragama. Semua orang merasa dirinya benar terhadap agama dan alirannya. Sikap toleransi, saling menghormati, saling menghargai sudah tidak lagi diterapkan. Kemajuan teknologi di Indonesia bukannya menjadi pemicu manusia menjadi hidup rukun, tetapi malah menjadikan manusia menjadi keras dan tidak mempunyai rasa solidaritas lagi. Moral yang rusak membuat manusia menjadi ingin menang sendiri, tidak peduli lagi dengan lingkungannya sendiri. 




     Hal ini yang menyebabkan banyak kesalahan untuk menuju jalan yang benar,aturan aturan baru saat beribadah banyak bermunculan,ketidakpastian menentukan hari raya dan maih banyak lagi jalan menuju neraka.

    Kita harus senantiasa menjaga keharmonisan/ kerukunan antar umat beragama agar tercipta kehidupan yang tentram dan nyaman. Untuk menjaga keharmonisan tersebut bisa dilakukan dengan cara :
 
- Menghilangkan perasaan curiga atau permusuhan terhadap pemeluk agama lain yaitu dengan cara mengubah rasa curiga dan benci menjadi rasa penasaran yang positf dan mau menghargai keyakinan orang lain. 
-  Jangan menyalahkan agama seseorang apabila dia melakukan kesalahan tetapi salahkan orangnya. Misalnya dalam hal terorisme.
-  Biarkan umat lain melaksanakan ibadahnya jangan olok-olok mereka karena ini bagian dari sikap saling menghormati.
 
- Hindari diskriminasi terhadap agama lain karena semua orang berhak mendapat fasilitas yang sama seperti pendidikan, lapangan pekerjaan dan sebagainya.
                Dengan memperhatikan cara menjaga kerukunan hidup antar umat beragama tersebut hendaknya kita sesama manusia haruslah saling tolong menolong dan kita harus bisa menerima bahwa perbedaan agama dengan orang lain adalah sebuah realitas dalam masyarakat yang multikultural agar kehidupan antar umat beragma bisa terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar