JANGAN TAKUT GAGAL (karena sukses ada setelah kegagalan)

Minggu, 11 November 2012

"Kenakalan Remaja"




     Kenakalan remaja (juvenile delinquency) adalah suatu perbuatan yang melanggar norma, aturan atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak dan dewasa.

     Sebenernya remaja kita remaja INDONESIA, remaja yang pintar,baik,sopan,patuh,taat terhadap norma norma yang berlaku dimana ia tinggal. Kita tidak boleh sepenuhnya berfikir kalau masa saat 'REMAJA' itu masa dimana anak yang baru dewasa bersikap anarki,bebas,atau nakal. Coba kita lihat apa aja sih penybabnya remaja itu nakal ?

A. Faktor Interna
  • Krisis Identitas
      Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan remaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.

  •  Kontrol diri yang lemah
     Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku 'nakal'. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. 

  • Kurangnya penyaluran emosi.
  • Kelemahan dalam pengendalian dorongan-dorongan dan kecenderungannya
  • Kegagalan prestasi sekolah atau pergaulan.
  • Kekurangan dalam pembentukan hati nurani (ibadah) 
B. Faktor Eksternal
  • Lingkungan di dalam rumah ( keluarga )
     Keluarga dan Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. 

  •    Lingkungan masyarakat

 

     Dalam lingkungan masyarakat kita harus bisa memilah mana yang pergaulan yang patut kita contoh dah mana yang harus kita jahui sekalipun. Contoh :

  •  Merokok
 

     sekarang merokok bukan hal yang tabuh mulai dari anak-anak yang masih di bawah umur hingga dewasapun sekarang sudah pernah menyobanya entah itu pria maupun wanita, Jelas jelas dicantumkan di kemasan rokok dampak negatifnya,tapi kenapa.....?


  • Sex Bebas (freeSex)
    
  Sex bebas (freesex) sudah meracuni moral moral pemuda pemudi diseluruh plosok dunia. Kenapa demikian? hasrat hawa nafsu sudah tidak bisa lagi dikontrol jiwanya sudah terganggu akan kenikmatan dunia. bahka pembagian kondom gratis bukan solusi yang tepat untuk ini.
Kita harus sadar diri bangkitkan moral PEMUDA PEMUDI bangsa kita. 
perbanyaklah mengambil kegiatan yang positif.


Tips untuk mencegah dan mengatasi kenakalan remaja
  • Orang tua harus selalu memberikan dan menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya kepada anaknya. Jadilah tempat curhat yang nyaman sehingga masalah anak-anaknya segera dapat terselesaikan.
  • Perlunya ditanamkan dasar agama yang kuat pada anak-anak sejak dini.
  • Pengawasan orang tua yang intensif terhadap anak. Termasuk di sini media komunikasi seperti televisi, radio, akses internet, handphone, dll.
  • Perlunya materi pelajaran bimbingan konseling di sekolah.
  • Sebagai orang tua sebisa mungkin dukunglah hobi/bakat anak-anaknya yang bernilai positif. Jika ada dana, jangan ragu-ragu untuk memfasilitasi hobi mereka, agar anak remaja kita dapat terhindar dari kegiatan-kegiatan negatif.
Itulah yang dapat saya paparkan tentang kenakalan remaja, mulai dari pengertian kenakalan remaja, Faktor-faktor penyebab kenakalan remaja, Contoh Jenis-jenis Kenakalan remaja sampai dengan Tips untuk mencegah dan mengatasi kenakalan remaja. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Masukan-masukan sangat diterima sebagai bahan perbaikan dari artikel ini, karena mungkin banyak terdapat kekurangan di sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar